BPR CAR

BAGAIMANA DASAR MANAJEMEN KEUANGAN BAGI PENGGUNA JASA PINJAM UANG DI BANK

Manajemen keuangan tidak bisa berjalan dengan sendirinya. Sebagai seorang pelaku bisnis, Anda bahkan harus mulai membuat perencanaan sebelm bisnis yang Anda jalankan berjalan. Yang dimaksud dengan manajemen keuangan tidak hanya tentang bagaimana mengelola uang kas, tetapi juga bagaimana untuk mengelola harta yang dimiliki agar bisa menghasilkan keuntungan dan bagaimana sumber-sumber bisnis bisa membiayai bisnis itu sendiri. Lalu, bagaimana dengan pelaku bisnis yang menggunakan jasa pinjam uang di bank untuk menjalankan bisnisnya? Apakah mereka juga harus menjalankan dasar manajemen? Tentu saja!

Semua pelaku bisnis, tidak terkecuali, harus menerapkan dasar-dasar manajemen keuangan agar bisa meraih keuntungan maksimal dan mengembangkan bisnis tersebut. Lalu apa saja dasar-dasar manajemen keuangan itu? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

  1. Pisahkan Uang Bisnis dan Pribadi
    Semua orang pasti sudah tahu dan paham dengan dasar yang pertama ini. Tetapi apakah benar-benar sudah dipraktikkan? Pada kenyataannya, masih banyak pelaku bisnis yang bingung bagaimana membedakan antara pengeluaran pribadi dan bisnis. Untuk menghindari hal ini, pisahkan uang secara fisik. Jika perlu, buatlah dua rekening yang berbeda atau dua kotak yang berbeda untuk masing-masing. Jika Anda mulai menerapkan cara pemisahan secara fisik, maka akan lebih mudah untuk melakukan kontrol diri terhadap uang bisnis.

  2. Perencanaan Anggaran Keuangan
    Meskipun saldo di rekening bisnis Anda terlihat melimpah, jangan lantas menghambur-hamburkannya. Buatlah perencanaan sebaik mungkin. Pasang target-target penjualan dan penerimaan kas, kurangi belanja yang bersifat konsumtif dan tidak perlu. Perencanaan ini berfungsi agar saldo Anda tidak habis secara tiba-tiba dan Anda tidak menyadarinya atau istilahnya “bocor alus”. “Bocor alus” ini yang membuat bisnis terus merugi dan tidak bisa berkembang.

  3. Tulis Catatan Keuangan
    Anda tidak bisa menjalankan bisnis hanya dengan bermodal ingatan. Semua arus kas harus dicatat secara komplit. Setelah itu, cocokkan saldo uang dan catatan tersebut. Pencocokan ini sebaiknya dilakukan setiap hari agar lebih mudah jika ada uang yang terselip. Selain mencatat arus kas, Anda juga harus mencatat segala hutang-piutang (termasuk hutang di tempat jasa pinjam uang), persediaan dan juga aset tetap. Sekarang sudah banyak software akuntasi yang bisa diunduh untuk membantu para pelaku bisnis menerapkan sistem akuntasi yang tepat.

  4. Hitung Jumlah Keuntungan secara Tepat
    Memang dibutuhkan ketelitian untuk menghitung jumlah keuntungan, yang mana dimulai dari menghitung biaya-biaya baik yang sudah dikeluarkan atau biaya-biaya direncanakan untuk masa depan (contohnya pajak dan bunga pinjaman di tempat jasa pinjam uang).

  5. Arus Kas Harus Berputar Lebih Cepat
    Perputaran arus kas lambat jika ada banyak barang yang tersimpan di gudang. Untuk menyiasatinya, pastikan Anda kulakan barang dengan jumlah yang sedemikian rupa mampu memenuhi permintaan pasar sehingga barang tersebut cepat laku dan Anda cepat kulakan lagi. Hal ini lebih menguntungkan daripada Anda harus kulakan barang dalam jumlah yang berlebih dan harus menunggu waktu lama agar barang tersebut habis. Padahal tren suatu barang selalu berubah dan banyak produk baru yang bermunculan. Jadi, dikhawatirkan bisnis Anda bisa kalah saing dengan kompetitor yang menyediakan stok baru lebih cepat.

Manajemen keuangan merupakan prinsip yang harus dilakukan baik oleh pengusaha besar atau kecil. Dan jika Anda mencari tempat jasa pinjam uang yang terpercaya, Anda juga harus berhati-hati dalam memilihnya. Pastikan bank yang Anda pilih sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan), seperti BPR Central Artha Rezeki (BPR CAR) yang semua produk pinjamannya bisa Anda lihat secara transparan di www.bprcar.com.

Salam Sukses.

Hubungi Kami

Terima kasih atas kunjungan Anda pada situs BPR CAR.
Kami sangat menghargai komentar atau saran Anda agar kami dapat memberikan pelayanan terbaik.

Kantor Pusat BPR CAR
Bumi Serpong Damai, Sektor 1.1 Blok D No.10.
Tangerang Selatan – 15318

Telepon : (021) 537 7963 & (021) 538 5170 – 73
Rekening Transfer

Bank BCA
899 0306 789
PT. BPR CENTRAL ARTHA REZEKI

BANK MANDIRI
128 0 000 000 999
PT. BPR CENTRAL ARTHA REZEKI

Daftarkan email anda.