Manajemen Keuangan Li Ka Shing, Orang Terkaya Di Asia

Li Ka-shing adalah seorang pengusaha Hong Kong, investor dan filantropi. Dia merupakan orang terkaya di Hong Kong dan Asia Timur. Menurut Majalah Forbes dia juga orang keturunan Cina terkaya di dunia.

Li Ka Shing dibebani tanggung jawab finansial sejak usia muda. Setelah keluarganya melarikan diri ke Hong Kong dari China selatan selama Perang Dunia II, ayahnya meninggal karena TBC. Dia harus meninggalkan sekolah sebelum berusia 16 tahun untuk bekerja di pabrik. Selama hampir empat tahun selama pendudukan Jepang di Hong Kong, Li Ka Shing mengirim 90% gaji selama ia bekerja kepada ibunya. Kesuksesan yang ia dapatkan sebagai pencari nafkah mengajarkan kepadanya nilai-nilai murah hati yang telah membuatnya terkenal dengan filantropinya saat ini.

Manajemen keuangan dari Li Ka Shing mungkin layak dicoba jika Anda merasa sulit mengatur keuangan setiap kali gajian dan uang hanya sekedar lewat. Li adalah tercatat sebagai pemilik Hutchison Whampoa Group yang berpusat di Hongkong.

Li yang juga pemilik saham di Facebook dan Spotify selalu mengingatkan bahwa seberapa banyak penghasilan yang didapat, jangan lupa untuk dibagi menjadi 5 bagian. Dilansir dari asianmoneyguide, berikut pembagiannya:

  1. Biaya Hidup
    Tips pertama manajemen keuangan dari Li Ka Shing adalah alokasi biaya hidup sebaiknya tidak lebih dari 30% dari penghasilan. Jangan terlalu banyak menghabiskan uang untuk makan. Apalagi jika masih dalam usia muda karena tubuh kita masih kuat jika hanya menerima asupan secukupnya.
    Penting juga untuk punya kemampuan masak agar tidak makan di luar untuk membantu mencapai batas pengeluaran 30% untuk pengeluaran biaya hidup dari total pendapatan.

  2. Ongkos Pertemanan
    Pertemanan adalah investasi untuk di masa depan. Perluas jejaringmu agar bisa belajar lebih banyak.
    Temui dan kenali orang-orang yang telah mencapai hal-hal yang mungkin jadi bagian dari cita-citamu. Menraktir teman juga bagian dari ongkos pertemanan dengan besaran 20% dari penghasilan.

  3. Pendidikan
    Alokasikan 15% dari penghasilanmu untuk meningkatkan kemampuan. Seperti untuk bayar biaya seminar, pelatihan, kursus bahasa asing, dll. Kemampuan ini niscaya akan berguna di suatu hari nanti.

  4. Liburan
    Jangan lupakan waktu untuk berlibur atau bersenang-senang. Tubuhmu juga butuh waktu untuk bersantai di tengah kesibukan yang mungkin tiada henti. Namun perlu diingat, anggaran untuk liburan atau bersenang-senang tidak boleh lebih dari 10% penghasilan.

  5. Investasi
    Tips ke 5 manajemen keuangan dari Li Ka Shing adalah investasi. Alokasikan 1/4 atau 25% dari pendapatanmu untuk investasi. Bisa berbentuk emas, benda berharga, atau bahkan menabung saham.

Bagaiamana, apakah Anda tertarik mencoba tips manajemen keuangan dari orang terkaya di Asia ini? 

Silahkan gunakan kalkulator di sebelah kanan yang sudah kami sediakan sesuai dengan perhitungan manajemen keuangan Li Ka Shing.

Follow us and keep
updated!
E – NEWS

Daftarkan email anda.

Rekening Transfer
  • Bank BCA
    899 0306 789
    PT. BPR CENTRAL ARTHA REZEKI
  • Bank MANDIRI
    128 0 000 000 999
    PT. BPR CENTRAL ARTHA REZEKI
Top